Doa Yang Hanya Tinggal Kata

Berdoa adalah bentuk komunikasi kita kepada Tuhan, yang tak lain adalah yang berkuasa atas segala makhluk ciptaan-Nya. Ini adalah aktivitas baik yang sudah selayaknya dilakukan oleh manusia yang beriman. Lebih dari sekadar aktivitas, berdoa seharusnya menjadi sebuah kebiasaan yang melekat pada setiap kegiatan kita. Mulai bangun tidur hingga akan tidur lagi, seharusnya banyak doa yang kita panjatkan di sela-sela kesibukan kita. Ini adalah hal yang baik karena menunjukkan bahwa kita tak pernah lupa akan setiap campur tangan Tuhan pada kehidupan kita. Selain itu, kebiasaan berdoa menunjukkan bahwa kita sadar betapa kecil dan rapuhnya kita tanpa penyertaan Tuhan.

Namun, ada yang perlu diwaspadai oleh kita yang sudah menjadikan berdoa sebagai kebiasaan. Apa itu?

Secara umum, semua hal yang sifatnya behavior adalah sesuatu, yang secara sadar maupun tidak sadar, rutin dilakukan. Otomatis. Sebuah kebiasaan seringnya dilakukan tanpa perlu berpikir lagi. Seorang pengendara motor yang terbiasa menggunakan lampu sein sebelum berbelok, akan selalu melakukannya meskipun tak ada pengendara lain di belakangnya.

Sama halnya dengan berdoa, khususnya untuk doa yang kata-katanya tetap, sudah dihafal, dan bukan doa spontan. Ketika doa itu sudah menjadi kebiasaan, menjadi sesuatu yang otomatis, tanpa perlu berpikir lama tentang apa yang harus diucapkan, doa itu akan meluncur dengan sendirinya dari mulut kita.

Padahal sesungguhnya, doa bukanlah sekadar kata-kata yang keluar dari mulut. Ada makna dalam sebuah doa yang harus kita sadari. Ingat, doa adalah cara kita berbicara dengan Tuhan. Kita harus serius, terlebih lagi harus tahu dan sadar akan apa yang sedang kita panjatkan. Meskipun doa terlihat sebagai sesuatu yang sederhana dan remeh, tapi inilah satu-satunya cara agar kita didengar oleh Tuhan. Jadi sampaikan doamu dengan sungguh-sungguh, selalu.

Sudahkah kamu berdoa hari ini?

Iklan

5 comments

  1. YAHHHH SANGAT menyukaiii _
    DOA adalah UCAPAN terima kasih kpada PENCIPTA_
    tidak rugi duit, tdk rugi waktu sedetik pun u/ BERDOA (y)
    SEMOGA SAYA dan KALIAN SEMUA DI BERI KESUKSESAN, KESEHATAN dan DI BERKATI selaluuu_ AMIN 🙂

    Lambertus said:
    Amin…….

  2. Saya suka kalimat ini, “doa adalah cara kita berbicara dengan Tuhan”
    Baru sadar. kalau dengan doa inilah, sebenarnya kita berkomunikasi langsung dengan Tuhan. Mari, doa dengan baik dan sopan

    Lambertus said:
    Mari berdoa dengan baik dan sopan. #likethis

  3. semoga doa- doa yang terucap lewat kata,juga berasal dari hati dan berakar dalam hidup…

    Lambertus said:
    Amin.

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s