Agar Harimu Tidak Semakin Buruk

Tidak selamanya kita bisa menjalani hari-hari yang menyenangkan. Apalagi ketika tanggung jawab kita semakin besar, maka tekanan yang datang akan semakin bertubi-tubi menyerang dari berbagai arah. Tentunya kita tidak pernah mengharapkan sesuatu yang buruk ini ada di hari-hari kita. Tapi bagaimana lagi kalau hal itu sudah datang? Apa yang bisa kita lakukan?

Tidak ada lagi hal terbaik yang bisa kita lakukan selain menjaga agar hari yang buruk ini tidak menjadi semakin buruk. Sesuatu yang salah bisa jadi dari hal lain yang di luar kuasa kita, tapi reaksi kita sendirilah yang bisa membuat hari buruk ini menjadi semakin buruk. Tahu apa itu artinya? Suatu hari menjadi buruk atau tidak, itu adalah keputusan kita sendiri. Jika kita menganggap ini hari yang buruk, maka terjadilah. Jika tidak, maka itulah yang ada.

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menjaga ketenangan kita. Panik akan menjadikan kita ceroboh dan tidak berpikir jernih. Kita tahu bahwa yang kita hadapi adalah sesuatu yang seperti benang kusut, maka kita harus menata benang kusut tersebut agar lurus kembali. Lakukan apa yang harus dilakukan. Mintalah bantuan seseorang yang menurutmu mampu. Misi kita adalah menyelesaikan masalah ini, bukan menambahnya.

Hal lain yang harus kita perhatikan adalah menjaga emosi. Sering kali emosi kita meledak-ledak ketika hari sedang buruk, nada bicara kita berubah, komunikasi kita kacau. Tidak jarang permasalahan yang ada semakin rumit hanya karena permasalahan komunikasi kita pada orang lain.

Kawan,
Percayalah bahwa ini adalah bagian kecil kehidupan yang akan membuat kita semakin dewasa. Meskipun hal tidak menyenangkan ini terasa pahit, hari buruk ini adalah sebuah kerikil dan kita pasti akan melewatinya. Permasalahan ini tidak akan membuat kita mati, dan apa yang tidak membuat kita mati akan membuat kita semakin kuat.

Iklan

One thought on “Agar Harimu Tidak Semakin Buruk

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s