Kepanikan yang Wajar

Suatu hari kalian berada dalam suasana lingkungan yang sangat baru. Kalian mendapatkan tanggung jawab yang belum pernah kalian jalankan sebelumnya. Kalian pasti ingin menjalankannya dengan baik, tapi tidak tahu apa yang harus dilakukan. Kalian mulai panik, bingung sendiri, gentar dan mulai takut dengan apa yang nanti terjadi pada diri kalian. Apa yang harus dilakukan?

Perasaan panik yang kita rasakan ketika berada dalam situasi ini adalah sesuatu yang wajar. Jadi ketika rasa panik ini mulai menyerang, tenanglah, kalian masih normal. Rasa panik ini serupa dengan alarm atau seruan yang mengingatkan kita untuk bertindak dan bersikap sebaik mungkin. Namun jangan biarkan rasa panik ini menyerang terlalu lama. Tarik nafas dan berusahalah untuk tenang. Karena ini sesuatu yang normal, jadi tidak ada alasan untuk tidak tenang.

Situasi ini bisa digambarkan seperti sedang berjalan di dalam gua yang sangat gelap. Kita tidak bisa melihat jalan yang sedang kita lalui. Kita tidak bisa melihat pijakan kaki kita dan sekeliling kita. Jadi sangat tidak mengherankan kalau kita akan panik ketika berada dalam situasi seperti ini.

Lalu apa yang harus kita lakukan agar tidak terus berada dalam situasi gelap ini? Temukan cahaya. Kumpulkan informasi yang membuatmu dapat melihat dimana kamu sedang berpijak sekarang. Kamu dapat bertanya pada rekan-rekan di sekitarmu. Mereka lebih berpengalaman dan mengetahui seluk beluk jalan yang kau lalui. Dengan ‘pencahayaan’, kita dapat berjalan lebih baik.

Kawan,
pada setiap lingkungan baru, kita selalu bisa mempelajari sesuatu. Rasa panik itu adalah sebuah pertanda akan laparmu pada pengetahuan baru itu. Jadi, tenanglah, dan mulai memperkaya diri. Kamu pasti bisa.

Iklan

One thought on “Kepanikan yang Wajar

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s