Sudahkah Berdoa Hari Ini?

Berdoa, seperti yang kita ketahui, adalah salah satu bentuk komunikasi manusia paling nyata kepada Tuhannya. Seberapa sering orang berdoa menunjukkan seberapa mengimani dia pada Tuhan, seberapa ingat dia pada Sang Pencipta. Sudahkah kita berdoa hari ini?

Kita tahu bahwa komunikasi adalah unsur yang penting dalam sebuah hubungan. Tidak ada hubungan kekasih yang baik jika tanpa komunikasi. Tidak ada pelanggan yang puas jika layanan pelanggan sebuah perusahaan disampaikan dengan cara yang seenaknya. Ya, tidak pernah ada hubungan baik yang tercipta jika komunikasinya salah atau tak ada sama sekali.

Lalu bagaimana dengan hubungan manusia dengan Tuhan?

Mungkin Tuhan tidak pernah menggerutu pada kita, seperti pacar yang tidak dipedulikan. Tuhan mungkin juga tidak pernah butuh untuk berbicara dengan kita. Tapi lihat dulu, siapa yang membutuhkan di sini? Kita mengharapkan untuk mendapat perhatian, tapi apakah itu pantas jika kita sendiri tidak pernah memperhatikan keberadaan Tuhan.

Hal ini bisa kita gambarkan juga seperti hubungan orang tua dan anak. Anak akan perhatian dengan orang tuanya jika orang tua itu sendiri memberikan perhatian pada si anak. Hal itu mungkin akan terlihat jika si anak sudah menjadi dewasa. Jangan mengharapkan perhatian lebih dari si anak jika dia tidak pernah mendapatkan perhatian lebih ketika masa kecilnya.

Kawan,
masih ada banyak contoh hubungan timbal balik lainnya. Jika ingin diperhatikan, berilah perhatian pada orang lain. Hal ini berlaku untuk hubungan manusia dengan manusia, dan sesungguhnya manusia dengan Tuhan juga. Namun, karena Tuhan itu Mahabaik, Dia masih memperhatikan keadaan kita meskipun kita tidak melakukan hal yang sebaiknya. Tidak sudikah kita memberikan waktu untuk berkomunikasi dengan Tuhan, meskipun sedikit?

Sudahkah Anda berdoa hari ini?

Iklan

6 comments

  1. berdoa memang salah satu sarana untuk mendekatkan diri pada allah.

    Lambertus said:
    Itulah sebenarnya… sedekat apa kita dengan Allah diukur dari sesering apa kita berdoa.

  2. doa itu…kalo mengutip kata2 dari mbak puch (the petrichor)…curhat vertikal. jadi kita bisa ngomongin apa aja sama Tuhan, justru Tuhan senang kalo kita minta banyak2 dari-Nya.

    Lambertus said:
    Itu artinya kita benar-benar menghargai keberadaan Tuhan dan kita percaya itu. Makanya Tuhan senang.

  3. berdoa adalah komunikasi yang penuh dengan misteri.. tidak semua doa terkabulkan dengan seketika, kadang kita diuji apakah sudah pantas menerima doa yang kita panjatkan..

    Lambertus said:
    Benar. Doa itu misteri yang indah.

  4. Semoga Tuhan memberikan kebaikan bagimu, Lam. 🙂

    Lambertus said:
    Sama-sama mas Teguh. Terima kasih untuk doanya. Tuhan pasti memberikan kebaikan bagi kita semua. Tinggal kitanya saja, bisa melihat itu atau tidak.

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s