[AIR] Rahasia Di Balik Cipratan

Pada tulisan kali ini, kita tidak membahas tentang sifat air, tapi tetap dengan sesuatu yang berhubungan dengannya, yaitu percikan atau cipratan air. Air dapat membuat cipratan karena wujudnya yang cair. Kita bisa melihatnya pada air kran yang menetes, air hujan, dan berbagai tempat di mana ada air yang jatuh. Setiap ada tetesan air, cipratan akan muncul. Semakin keras tekanannya, maka semakin kuat pula cipratannya. Pola yang ditinggalkan pun pola yang tidak biasa, sangat unik khas air. Meskipun kecil, ada keindahan di balik sebuah cipratan air. Apa yang bisa kita pelajari dari hal ini?

Jika kita hubungkan dengan sebab akibat, cipratan muncul setiap ada tetesan. Kemudian, cipratan tersebut meninggalkan pola unik dan ada keindahan di sana. Nah, sudah mendapatkan petunjuk dari kalimat tersebut?

Langsung saja deh. Maksudnya apa?

๐Ÿ™‚ Di sini kita diingatkan akan kesan yang muncul dari setiap tindakan yang kita lakukan. Kita mungkin tidak bisa melakukan hal-hal heroik atau yang luar biasa hebat, tapi kesan itu akan tetap muncul sesederhana apapun tindakan yang kita lakukan. Layaknya cipratan yang selalu ada dari tetesan dan pola yang muncul dari cipratan-cipratan tersebut. Tindakan kita adalah yang menggambarkan diri kita, seperti itulah keadaan yang terjadi di masyarakat kita. Kata-kata saja tidak cukup. Jika kita ingin dianggap sebagai orang yang baik, maka berlakulah sebagai orang baik. Hal ini juga mengingatkan kita bahwa setiap tindakan buruk kita juga akan memberikan kesan buruk pada diri kita.

Namun, kesan juga seperti cipratan air yang sering luput dari perhatian. Kita tidak bisa menuntut orang untuk memperhatikan setiap tindakan kita. Jika kita memaksakan diri, kita akan seperti cipratan air yang melompat tinggi ke wajah orang lain, ingin dilihat. Sungguh, hal tersebut sangat mengganggu, bukan?

Lalu apa yang dimaksud dengan keindahan di balik cipratan air?

Sudah pernah melihat video cipratan air yang diperlambat? Sudah pernah melihat gambar cipratan (splash) air? Indah, bukan?

Terdapat banyak hal-hal kecil yang sesungguhnya begitu indah, tapi kita kurang memperhatikannya. Begitu juga dengan tindakan sederhana tadi. Yang patut kita ketahui, meskipun tindakan yang kita lakukan itu kecil dan sederhana, tapi akan tetap memberikan kesan dan perubahan di sekitar kita. Kalau kita memiliki perhatian lebih, kita akan jadi melihat begitu banyak keindahan sehingga tidak sempat mengeluhi kehidupan ini.

Kesimpulannya?

Tindakan yang kita lakukan akan memberikan kesan diri kita di mata orang lain. Sekecil apapun tindakannya, hal tersebut akan tetap berlaku. Yang menjadi permasalahan adalah apakah orang lain memperhatikannya atau tidak. Namun, jangan melakukan sesuatu semata-mata untuk membentuk kesan atau agar diperhatikan orang lain. Kita harus tulus dalam setiap tindakan tersebut.

Selain, itu kita juga bisa mencoba untuk menjadi orang yang perhatian pada hal-hal kecil, khususnya hal-hal baik. Tersenyum, menanyakan kabar, mendengarkan dan menatap lawan bicara. Selain memberlakukan hal tersebut pada diri kita, coba juga kita mulai perhatian dengan yang ada di sekitar kita. Kebaikan-kebaikan kecil ini semoga mengingatkan kita untuk terus mensyukuri kehidupan, bukan malah mengeluhinya.

: Apa yang bisa Anda pelajari dari AIR?
: JIKA AIR .. KU SIRAM KE TEMBOK POLOS BERWARNA MERAH … AKAN MENGHASILKAN POLA …YANG BISA MEMBERIKAN NILAI TINGGI UNTUK TEMBOK YANG POLOS TADI .. !!!

Iklan

One thought on “[AIR] Rahasia Di Balik Cipratan

  1. melihat hal yang sepele, memikirkan hal yang sepele, menuliskan hal yang sepele, dan akhirnya terciptalah tulisan yang tidak sepele dan tidak boleh dilewatkan seperti ini. POSTING JEMPOL! ๐Ÿ˜€

    Lambertus said:
    Ikut berpartisipasi juga dong, Mas Bro.

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s