[AIR] Dinikmati Di Berbagai Situasi

Mungkin ini bukan merupakan sifat, tapi kita tahu pasti bagaimana kebiasaan orang di sekitar kita dalam menikmati/memanfaatkan air. Bermacam-macam. Dalam hal minum, misalnya. Ada orang yang suka minuman hangat, terutama ketika udara begitu dingin. Ada juga yang lebih suka minuman dingin, apalagi saat matahari sangat terik. Tidak sedikit juga orang yang lebih suka segarnya air apa adanya. Air memang selalu punya cara untuk menjadi menyenangkan di berbagai situasi. Apa yang bisa kita pelajari dari hal ini?

Dingin, panas. Kita juga berbicara tentang suhu di sini. Mungkin saat ini kita tidak berfokus pada bagaimana pengaruh suhu pada air. Tapi kita bisa lihat bahwa pengaturan suhu yang tepat bisa membuat air menjadi lebih dinikmati. Dengan menganalogikan diri kita sebagai air tersebut, seharusnya kita juga bisa membuat bahagia orang lain di berbagai situasi. Caranya adalah dengan ‘mengatur suhu’ yang ada di diri kita.

Apa yang dimaksud dengan ‘mengatur suhu’ di atas?

Ketika cuaca panas, orang lebih tertarik pada minuman dingin. Ketika udara terasa dingin, orang ingin minum yang hangat-hangat. Tidakkah hal ini memberikan petunjuk kepada kita tentang bagaimana seharusnya kita bersikap dalam sebuah situasi?

Misalnya, permasalahan sering muncul dalam sebuah organisasi. Reaksi orang pun bermacam-macam. Kepanikan dan kemarahan adalah sebuah reaksi yang wajar, tapi tidak menyelesaikan masalah. Orang yang tenang, berkepala dingin, dan mencairkan situasi diperlukan pada situasi seperti ini.

Misalnya lagi, organisasi ini sekarang sangat damai dan tenang, nyaris tidak terjadi apa-apa. Bosan? Bisa jadi. Pada situasi ini kita memerlukan orang yang bisa memberikan keceriaan dan membakar semangat orang-orang di dalamnya. Menghidupkan kembali jiwa dari sebuah organisasi.

Kita bisa anggap orang-orang yang ‘mengatur suhu’ ini adalah orang-orang yang membawa perubahan. Itulah yang dicari orang.

Tapi, bagaimana dengan analogi air biasa? Tidak panas, tidak dingin.

Bolehkah jika kita anggap hal tersebut sama seperti orang yang apa adanya? Ya, dia tidak perlu menjadi seseorang untuk diterima orang di sekitarnya. Dia hanya perlu menjadi dirinya sendiri dan memberikan kebaikan sesuai kemampuannya.

Jika dipikirkan lagi, memilih minuman panas, dingin, atau biasa, itu hanya masalah selera. Bukankah begitu?

Benar dan memang begitulah keadaan yang bisa kita perhatikan di sekitar kita. Ada orang yang tetap suka minuman dingin walau cuaca sedang dingin-dinginnya. Ada orang yang justru menganggap aneh jika kita bersemangat melakukan perubahan pada situasi yang damai ini. Tidak salah jika ini adalah masalah selera. Setiap orang pasti memiliki preferensi masing-masing dan kita harus menghargai hal tersebut.

Hal ‘mengatur suhu’ ini bukan untuk kita, tapi untuk orang di sekitar kita. Sebuah minuman hangat dicari orang bukan karena takjub sebuah minuman bisa hangat, tapi karena orang tersebut mencari kehangatan setelah meminumnya. Kita tidak menyesuaikan diri agar disenangi orang lain, tapi menyesuaikan diri agar bisa memberikan kebahagiaan bagi orang lain.

: Apa yang bisa Anda pelajari dari AIR?
: mau panas, mau biasa, mau dingin..selalu memberikan kesenangan bagi yang memakainya.

Iklan

6 thoughts on “[AIR] Dinikmati Di Berbagai Situasi

  1. air itu menakjubkan, dia kan sumber kehidupan 🙂
    salah satu kriteria planet yg layak huni yg dcari astronom kan yg mampu menghasilkan air dlm wujud cair 🙂

    Lambertus said:
    Tanpa air kita tidak bisa hidup memang

  2. jangan sampai kita berkarakter “air bah” , yang dapat membawa bencana dan kesedihan…..,

    Lambertus said:
    Wah, sepertinya itu juga bisa jadi pembahasan di sini.

  3. saya mencari minuman hangat karena tenggorokan selalu bermasalah dengan es. menyedihkan sekali. 😦

    btw, saya suka cara mengulasnya, padahal dari jawaban singkat gitu bisa jadi segini panjang, dan mengena.. *Pengen bisa*. 😀

    Lambertus said:
    Hehehe. Terima kasih. Kamu juga bisa kok. Perlu bertapa aja.
    Kebanyakan minum es juga nggak bagus kok. Saya juga sekarang mengurangi minum es.

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s