Sebuah Titik Balik

Kehidupan ini penuh dengan peristiwa-peristiwa. Kadang peristiwa itu begitu biasa, kadang peristiwa itu begitu berkesan. Kadang akan ada sebuah babak di dalam kehidupan, sebuah peristiwa yang mengubah diri kita. Sebuah titik balik.

Dalam sebuah perjalanan hidup, kita akan menemui banyak peristiwa. Setiap peristiwa ini akan memberikan pengalaman dan pengelaman tersebutlah yang membentuk cara berpikir kita. Pengalaman tersebutlah yang menjadikan manusia berpengetahuan. Pengalaman tersebutlah yang menjadikan seorang manusia memiliki keputusan-keputusan kuat.

Mungkin kita pernah merasakannya, mungkin juga kita belum merasakannya. Mungkin kita sadar, atau juga tidak, sudah menghadapi sebuah peristiwa yang menjadi titik balik kita.

Kita bisa menggambarkan sebuah titik balik sebagai sebuah kejadian bersejarah dalam hidup kita. Sepenting apakah peristiwa itu? Relatif. Setiap orang memiliki porsi yang berbeda dalam menerima dampak sebuah peristiwa. Seseorang bisa menjadikan sebuah peristiwa itu sebuah titik balik, ketika dia benar-benar merasakan energi dari peristiwa tersebut yang mendorongnya untuk berubah. Istilahnya, sangat mengena.

Peristiwa itu bisa jadi perpisahan dengan seseorang, sebuah kecelakaan, menerima kebaikan hati dari orang terdekat, melakukan hal yang tak pernah dilakukan, dan lain-lain. Kejadian sesederhana apapun juga bisa menjadi titik balik seseorang, ketika peristiwa itu membuatnya berubah. Misalnya, seseorang menjadi sayang lagi kepada orang tuanya ketika kasihan melihat seorang tua berjalan tertatih-tatih di jalan.

Kapankah titik balik itu datang? Kita tak pernah tahu. Berbagai macam kejadian datang silih berganti di sekitar kita. Keterbukaan kita pada lingkungan mungkin mempengaruhi kemampuan kita untuk mendapatkan sebuah titik balik, mempengaruhi kemampuan kita untuk berubah. Namun, jika sesungguhnya Anda mau, Anda bisa mendapatkan titik balik itu sekarang juga.

Kawan,
Berubah. Dari satu arah, ke arah sebaliknya. Itulah yang membuatnya disebut ‘Titik Balik’. Perubahan ini bisa dari buruk menjadi baik, atau sebaliknya. Semoga titik balik yang pernah kita rasakan adalah titik balik menuju kebaikan.

Pernahkah Anda merasakan sebuah titik balik dalam hidup Anda?

Iklan

10 comments

  1. titik balikn adalah karunia alllah swt yang telah mendapatkan petunjuk tinggal kita yang mengambil petunjuk itu apa tidak

  2. pernah, saat saya terlalu boros sampai2 jatah bulanan habis sbelum waktunya dan saya jd kelabakan, haha. skarang jd beririt2 ria πŸ˜€

    Lambertus said:
    Titik balik dalam hal ekonomi itu berarti

  3. Mungkin postingan ini bisa menjadi titik balik bagi yang membacanya. πŸ™‚

    Lambertus said:
    Amin. Syukurlah jika ada yang demikian. Semoga berubah menjadi yang lebih baik.

  4. Kalau begitu bisakah titik balik itu diciptakan kira-kira ya?

    Lambertus said:
    Bukan diciptakan, tapi diperkuat keberadaannya. Pasti ada sebuah alasan mengapa kita ingin berubah dari suatu keadaan. Umumnya, seseorang merasakan titik balik karena pengaruh dari lingkungan yang begitu kuat. Mungkin maksud Falzart tentang ‘menciptakan’ titik balik itu ketika dorongan kuat itu berasal dari diri sendiri. Pengaruh dari luar tetap ada, tapi kemudian diri kita melakukan tolakan yang sangat besar dari hal tersebut. Misalnya, sudah sangat capek dalam sebuah keadaan yang tidak kunjung membaik. Biasanya di saat inilah muncul kata-kata ‘No Compromise!’ dan ‘No Excuse!’

    Saya sangat kaget hari ini. Postingan baru beberapa detik sudah dapat Pingback. Pantesan saya lihat ada orang selain saya yang sedang online di sini. Ternyata kamu.

    1. Titik balik hanya urusan Tuhan, kita hanya bisa bersabar dan berharap titik balik itu akan segera datang…
      namun kita harus yakin, bahwa titik balik itu pasti akan datang jika saatnya tiba…

      Lambertus said:
      Itulah misteri kehidupan

    1. ketika titik balik itu tiba-tiba ada di keadaan dan waktu yang sudah tak lagi sama dengan sebelumnya, dan kita malah merasa bimbang, tersiksa dan tertekan dengan situasi seperti itu, meski keinginan hati telah kuat untuk merubah keadaannya menjadi lebih baik dari sebelumnya

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s