Ini Masih Masalah Kecil

Masalah datang tak berkesudahan. Selama kita hidup, masalah akan selalu datang, baik itu masalah yang remeh maupun yang membuat kita pusing tujuh keliling. Menjaga cara pandang kita pada sebuah masalah akan mempengaruhi cara kita dalam menghadapinya.

Mari kita lihat logikanya. Masalah selalu ada. Itu artinya ke mana pun kita melangkah, masalah tidak akan pernah jauh dari peredaran. Dari sekian banyak pilihan untuk menghadapi masalah, fakta ini menjadikan ‘bersembunyi’ dan ‘melarikan diri’ bukan lagi suatu pilihan. Yang ada hanyalah pilihan untuk menghadapi masalah tersebut.

Mari kita lihat logikanya. Kita percaya bahwa Tuhan tidak akan pernah memberikan cobaan melebihi batas kemampuan manusia. Itu artinya kita akan selalu bisa melewatinya. Yang perlu kita pikirkan adalah bagaimana formulanya untuk melewati dengan cara terbaik.

Mari kita lihat logikanya. Manusia akan semakin bijak seiring bertambahnya usia dan pengalaman hidupnya. Semakin bertambah usia seharusnya menjadikan kita semakin mampu menyikapi permasalahan yang ada. Jika kita berpikir masalah hidup terasa semakin sulit, kita tidak perlu takut karena bekal pengalaman kita juga semakin banyak. Masih merasa kurang? Ambil pengalaman hidup orang lain.

Masalah-masalah yang kita hadapi saat ini belumlah lebih berat daripada masalah-masalah yang akan kita hadapi nanti. Dengan melewatinya, kita akan mampu menghadapi masalah di depan. Keadaan ini terlihat terus bertingkat, tapi hasil yang keluar sudah bisa dipastikan. Kita pasti bisa melewati masalah tersebut.

Kawan,
masalah yang kita hadapi saat ini, bagaimanapun kerasnya otak kita berpikir untuk keluar darinya, ini masih masalah yang kecil. Kita tidak bisa dan tidak perlu menghindarinya karena ini masih masalah yang kecil. Kita pasti bisa melewatinya karena ini masih masalah yang kecil.

Sebuah masalah di masa depan akan terlihat besar bagi kita di masa kini, tapi ketika kita menghadapinya di masa depan nanti, masalah itu adalah masalah yang kecil. Kita akan selalu menghadapi masalah-masalah kecil, tidak perlu menghindar, dan pasti bisa melewatinya. Namun, tetap, jangan memandang remeh, meskipun itu masalah kecil.

Anda masih terikat pada masalah tak berkesudahan sampai saat ini?

Iklan

7 comments

  1. ada salah satu quote yg saya suka, “problem may be big, but GOD is bigger” 🙂

    Lambertus said:
    Terima kasih quotenya. Sangat mengena di saya. 😀

  2. Yep masalah itu mungkin bisa dikatakan sahabat dekat keberhasilan, coba bayangkan bila tdk ada masalah mana mungkin kepuasan dalam menyelesaikannya dianggap sebagai keberhasilan. No problem if we have a problem, cz we’ll solve it soon, aren’t we? 🙂

    Lambertus said:
    Sebuah quote yang bagus, Mas Endra

  3. Menurut saya, masalah itu tidak ada yang tidak berkesudahan. Yang ada itu masalah yang panjang, jadi dijalani saja sambil dicarikan jalan keluarnya. Nanti juga selesai. Yang penting jangan lari dari masalah.

    Lambertus said:
    Betul. Panjang atau pendek, tergantung bagaimana kita menyelesaikannya… dan sekarang saya sedang terjerat oleh salah satu yang terasa panjang. 😦

  4. wew.. bener sekali. 😀

    Saya sering berpikir bahwa masalah adalah sebuah gunung, tampak dari kejauhan begitu besar. Tapi ketika sudah mengatasinya, ibarat berada di puncak dan menyadari betapa kecilnya saya sebelumnya..

    Lambertus said:
    Penggambaran yang bagus, Tutus. Bisa jadi begitu.

  5. yup betul sekali Sob, masalah besar yang sedang kita hadapi hari ini akan terlihat kecil di esok hari….nice sharing 🙂

    Lambertus said:
    Karena kita manusia pembelajar.

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s