Inspirasi Saya Ada di Toilet

Tidak sedikit orang yang berkata bahwa toilet adalah tempat perenungan yang memunculkan banyak inspirasi. Sehebat itukah? Apa yang menjadikan toilet, yang katanya tempat ‘buang sampah’, sebagai tempat favorit para pencari ide?

Katanya, ide bisa didapatkan dari mana saja. Ya, kita tinggal di dalam dunia yang penuh dengan inspirasi ide. Mudah atau tidaknya kita melihat ide tersebut adalah tergantung pada kepekaan kita sendiri.

Meskipun ide bisa didapatkan di mana saja, tidak bisa dipungkiri bahwa tiap individu mungkin memiliki tempat/lokasi tersendiri yang membuat inspirasi dan ide mereka mengalir lebih lancar. Tempat itu bisa kamar pribadinya, meja kerja, bangku taman, gazebo, teras, sebuah cafe, kelas, bahkan toilet.

Toilet? Ya. Meskipun tidak ada penelitian yang resmi, banyak orang yang memunculkan ide, gagasan, inspirasi, atau jalan keluar ketika sedang ‘merenung’ di dalam toilet. Bagaimana bisa?

Sesungguhnya tidak ada yang spesial dari sebuah toilet. Ini adalah sebuah ruangan biasa dengan fungsinya yang tersendiri, tidak berbeda dengan ruangan lain yang memiliki gunanya masing-masing. Salah satu pendapat yang mungkin sesuai mengenai korelasi ide dan tempat ini adalah karena toilet menjadi tempat dimana seseorang keluar sejenak dari kesibukannya.

Toilet adalah sebuah ruangan yang kecil. Ketika kita menggunakannya maka hanya ada kita di dalamnya. Selain melakukan ‘hal yang harus kita lakukan’ di dalam sana, tak ada hal lain yang dilakukan selain menunggu sampai semua selesai. Pada saat itulah otak kita bekerja. Dinding membatasi diri kita dari kesibukan dunia luar. Air mendinginkan pikiran kita. Secara otomatis, kita menyediakan tempat dan waktu tersendiri bagi diri kita untuk berpikir secara tenang; kita menyediakan tempat dan waktu untuk diri kita sendiri.

Itulah faktor-faktor yang kita butuhkan untuk memunculkan sebuah inspirasi. Ruang dan waktu bagi pribadi kita sendiri, tanpa gangguan rutinitas sehari-hari, apapun dan siapapun. Hanya kita sendiri dan ketenangan. Banyak orang menganggap toilet tempat memunculkan ide, tapi tidak selalu di sana. Bisa jadi seseorang lebih menemukan ketenangan di sebuah terminal yang ramai daripada di rumahnya sendiri, maka di terminal itulah dia bisa lebih leluasa berpikir.

Kawan,
jika kita ingin menemukan sebuah solusi, ide, inspirasi, jalan keluar, gagasan, dan sebagainya, ini bukan tentang dimana dan kapan kita bisa menemukannya, tapi bagaimana kita bisa menempatkan diri dan menjadikan diri kita tenang di dalam ruang dan waktunya sendiri, seperti ketika berada di dalam toilet. Namun, jika ketenangan itu tidak kunjung memberikan jawaban, maka keluarlah dari situ dan mulailah membuka wawasan dengan orang lain.

Apakah ide Anda muncul lebih lancar ketika berada di toilet? Jika tidak, dimana Anda sering mendapati ide Anda lancar mengalir?

Iklan

8 thoughts on “Inspirasi Saya Ada di Toilet

  1. nice…kalo saya ngeden di toilet sambil ngerokok dengan segelas kopi–sambil baca majalah…baru dapet inspirasi..

    Lambertus said:
    Wow, sudah ada ritual tetapnya ya. 😀

  2. saya dapat ide pas memacu motor.. 🙂 kalau di toilet malah gag bisa mikir. haha

    Lambertus said:
    hahaha.. beda fokus ya soalnya. Saya juga kadang dapat ide pas mancal sepeda, soalnya itu adalah saat-saat pribadi saya.

  3. Inspirasi bisa datang dari mana saja, tergantung kita memaknainya bagaimana. Kadangkala di toilet itu bisa ketemu inspirasi dengan mudah karena nggak ngapa-ngapain. Begitu menurut saya…

    Lambertus said:
    Menurut saya juga begitu. Lalu lintas pikiran kita jadi lenggang karena tidak melakukan apa-apa. Di situlah kemungkinan besar kita bisa menemukan jalan keluar.

  4. saya mah paling gak betah di dalam toilet, boro2 mikirin ide, yang saya pikirkan cuman “kapan ini segera berakhir” hahaha 😆
    biasanya tempat yang palin bisa munculin ide di pikiran saya ya di kamar atau ketika duduk di atas rumput hijau yang teduh 😳

    Lambertus said:
    Pasti asyik tuh. Kalau di sini, dimana ya ada rumput hijau yang teduh?

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s