[AIR] Tak Terbelah

Pernah mencoba menggunting air? Pernah mencoba membelah air seperti yang pernah dilakukan oleh Nabi Musa? Sesungguhnya bukan tidak mungkin membelah air, tapi hal itu sangat sulit dan tidak bisa dilakukan dengan menggunakan cara biasa. Sebagai zat cair (liquid), air memiliki kerapatan molekul yang berada di antara zat padat (solid) dan zat gas. Hal ini yang menjadikannya tak mudah dibelah. Kita bisa pisahkan air di kolam dengan sekat. Tapi ketika sekat itu diangkat, dia akan kembali menjadi satu. Apa yang bisa kita pelajari dari sifat air ini?

Sifat air ini adalah penggambaran hubungan kita dengan orang-orang di sekitar kita. Suatu hubungan yang tidak terlalu mengekang, juga tidak terlalu renggang. Suatu hubungan yang tidak mudah dipisahkan.

Apa pentingnya memiliki hubungan antar manusia seperti molekul air?

Kita tidak sedang berbicara tentang hubungan seperti air yang mengalir atau jalani saja apa adanya. Kita sedang bicara tentang kedekatan kita dan bagaimana kita bersikap pada orang lain. Tiap individu diibaratkan sebagai satu molekul air. Simak gambar berikut:

Ikatan antar molekul zat padat sangatlah erat. Mereka mempertahankan bentuk dan volume. Seorang penulis blog mengibaratkan ikatan molekul ini seperti banyak orang yang dijejalkan ke dalam sebuah lift. Sesak dan tidak bisa bergerak. Apa yang terjadi jika kita potong ikatan itu? Kita akan membuat dua potongan lift berisi orang yang berdesakan. Keduanya tidak menyatu kembali. Penggambaran yang cukup aneh memang. Tapi hal ini mengingatkan kita akan sebuah hubungan, yang mungkin sangat kuat karena adanya tradisi. Ketika ada suatu pemisah, mereka akan benar-benar terpisah, terputus, terbelah.

Sebaliknya, ikatan antar molekul zat gas sangatlah renggang. Baik bentuk maupun volumenya berubah-ubah. Tiap molekul memiliki gerakan yang bebas. Tiap individu memiliki kehendak masing-masing dan tak seorang pun yang bisa mengganggu. Hal ini mengingatkan kita akan sebuah hubungan yang sangat bebas. Itu jalanmu, pilihanmu, masalah-masalahmu, resikomu, kalau kesulitan selesaikan sendiri karena itu kesulitanmu. Hubungan yang menguatkan kata ‘aku’.

Ikatan antar molekul zat cair berada di antara keduanya. Bentuk bisa berubah, tapi volume tetap sama. Hal ini membuat tiap molekul masih bisa bergerak, tanpa kehilangan ikatan dengan molekul yang lainnya. Kita bisa menyebutnya fleksibel. Kita bisa melihat hubungan keluarga seperti ini akan sangat menyenangkan. Anak memiliki cita-citanya sendiri dan orang tua merestuinya; ketika ada masalah, setiap anggota keluarga masih perhatian dan tidak menutup mata.

Bagaimana bisa memiliki ikatan seperti itu?

Coba kita perhatikan hubungan dalam keluarga atau komunitas kita. Apakah terlalu mengekang? Apakah terlalu renggang? Asal kita tahu, hubungan yang terlalu mengekang akan menyebabkan stres, sementara hubungan yang terlalu renggang akan menyebabkan lupa (seolah tak pernah ada hubungan). Jika kita merasa hubungan itu terlalu mengekang, maka berikanlah sedikit kelonggaran di dalamnya. Sebuah hadiah, kompensasi, sedikit kebebasan yang melegakan. Jika kita merasa hubungan yang terlalu renggang, maka cobalah untuk mendekatkan diri satu sama lain. Jalin komunikasi, memiliki perhatian, tidak egois. Hubungan semacam ini akan menjadi lebih menyenangkan.

: Apa yang bisa Anda pelajari dari AIR?
: tak bisa putus

Iklan

2 thoughts on “[AIR] Tak Terbelah

  1. Sekarang tentang air, ya…
    Banyak yang bisa dipelajari dari kekuatan hubungan molekul air ini…

    Lambertus said:
    Kategori AIR sudah ada lebih dulu daripada LEBAH. Untuk melihat ada kategori apa saja, bisa mengunjungi halaman IDEA SUPPORT di menu sebelah

  2. hei, kau masukin komenku tentang ini?
    wah, aku tersanjung atau kau sanjung?
    makasih sob makasih bangetssss

    Lambertus said:
    Saya juga berterima kasih atas partisipasinya di Idea Support. Inilah yang terjadi pada setiap feedback ide yang masuk ke saya. Jika memang sesuai, ya saya tampilkan. Salah satunya ya masukan dari mbak yisha ini. Tulisan yang lain juga sama kok. Mbak yisha bisa baca di kategori AIR dan LEBAH lainnya. kalau di bagian bawahnya tidak ada tanya jawabnya, berarti itu dari saya sendiri.

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s