Saya Sukses Jika Bisa Bangun Pagi

Ini adalah kehidupan saya. Hanya saya sendiri yang bisa membuatnya menjadi bahagia atau tidak. Saya memegang kendali atas kebahagiaan yang saya rasakan di kehidupan ini. Saya, bukan orang lain.

Sukses adalah sebuah gelar atas keberhasilan seseorang dalam sebuah pencapaian. Ketika seseorang bisa meraih apa yang diinginkannya, maka saat itulah seseorang boleh mendapatkan gelar sebagai orang yang sukses.

Jika kita mengakui definisi sukses di atas, maka kesuksesan adalah sesuatu yang relatif, sama seperti kata sifat lainnya. Sesuatu yang cantik bagi seseorang belum tentu cantik bagi orang lain. Sama halnya dengan kesuksesan, sukses bagi seseorang belum tentu sukses bagi orang lain. Kita memang tidak bisa membanding-bandingkan hal tersebut mengingat setiap individu memiliki kendali penuh atas jalan hidupnya sendiri.

Terkadang sebuah target hidup, yang membuat seseorang mengatakan “Saya adalah orang sukses”, bukan berasal dari hati nurani sendiri. Bisa jadi kesuksesan itu muncul dari harapan orang tua dan keluarga. Bisa jadi kesuksesan itu muncul dari anggapan umum masyarakat. Hal ini sama seperti sebuah doktrin bahwa seseorang yang cantik adalah yang memiliki tubuh langsing dan putih, juga anggapan bahwa sekolah yang baik itu yang sekolah negeri, atau juga pekerjaan yang membuat orang tua bangga adalah bekerja sebagai PNS.

Memang tidak ada salahnya jika kita memiliki arti sukses semacam itu. Namun, tidakkah kita ingin diam sejenak dan mencoba untuk mendengarkan hati nurani kita tentang sesuatu yang sangat ingin kita capai? Apakah keinginan itu sejalan dengan yang saat ini sedang kita lakukan?

Kawan,
Bagi seseorang, kesuksesan bisa jadi begitu sederhana seperti ‘Saya sukses jika bisa bangun pagi’ atau begitu rumit seperti ‘Saya sukses jika bisa menghapuskan korupsi dengan tangan saya sendiri dan mensejahterakan masyarakat dari semua sisi, baik ekonomi, pendidikan, sosial, kebudayaan, dan hankam’. Apapun yang terjadi, hormati dan hargailah definisi sukses yang dimiliki seseorang sama seperti kita ingin orang lain menghargai kesuksesan kita.

Apa arti kesuksesan bagi Anda?

Iklan

4 comments

  1. Saya merasa sukses ketika saya sudah menikah dan tinggal di rumah sendiri terpisah dari orang tua saya. 🙂

    ….errrr dan jangan lupa, di rumah tersebut harus ada satu ruangan khusus untuk menampung buku2 saya. 😆

    Lambertus said:
    hehehe… jangan sampai terlupa ya ruangan itu

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s