[LEBAH] Memberikan Kebaikan

Salah satu produk yang kita kenal begitu mendengar kata lebah adalah madu. Lebah mengambil nektar dari bunga, memprosesnya dalam tubuh, dan mengeluarkannya ke dalam sarang dalam bentuk madu. Lebah menghasilkan madu yang baik bagi kita. Pernahkah kita membayangkan apa yang terjadi seandainya tidak ada lebah? apakah kita harus menghisap bunga satu persatu untuk mendapatkan manfaat yang sama dengan madu? Tentunya tidak. Jadi, apa yang bisa kita pelajari dari hal ini?

Terkadang tidak semua kebaikan dapat dirasakan secara nyata. Kita bisa memposisikan diri sebagai orang yang mengkonversikan kebaikan itu agar dapat dirasakan oleh orang lain, menjadi manusia yang bermanfaat. Itulah yang bisa kita tiru dari lebah.

Kita bisa analogikan nectar sebagai potensi kebaikan, misalnya ilmu yang kita dapatkan. Ilmu hanyalah sebuah ilmu, tulisan, pengetahuan. Tanpa ada orang yang mengaplikasikannya, ilmu itu tidak akan memberikan sebuah kemajuan. Maka kita, bisa menjadi seperti lebah, kita menerapkan ilmu itu menjadi sesuatu yang nyata untuk kebaikan masyarakat. Beberapa contoh yang nyata antara lain kincir air untuk pembangkit listrik di daerah terpencil, huruf Braille untuk membantu tuna netra membaca, dan berbagai penemuan lainnya.

Mengapa kita harus menjadi manusia yang bermanfaat?

Percayalah bahwa Tuhan memiliki tujuan tertentu untuk setiap makhluk ciptaan-Nya, termasuk Anda, termasuk saya. Kemudian semua tujuan itu adalah untuk menjadikan kehidupan yang lebih baik. Dengan memberikan manfaat, kita akan memberikan arti kepada diri kita sendiri. Kita akan menyadari bahwa diri kita adalah sebuah bagian yang diperlukan di dunia ini. Lebih dari itu, kita juga akan memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Apa lagi yang lebih berarti dari itu?

Bagaimana kita bisa menjadi manusia yang bermanfaat?

Jangan memikirkan hal-hal yang melambung tinggi. Kita bisa mulai dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita, sama seperti bunga yang ada di mana-mana. Kita bisa memanfaatkan ilmu dari sekolah kita, perhatian dan pengetahuan dari orang tua kita, ide-ide dari teman-teman kita. Intinya adalah gunakan yang kita miliki dan jadikan itu berguna bagi orang lain.

: Apa yang bisa Anda pelajari dari LEBAH?
: memakan yang baik dan mengeluarkan yang baik

Iklan

2 comments

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s