Bila Rasaku Ini Rasamu

Yang perlu kita perhatikan selama berinteraksi dengan orang lain adalah apakah perilaku kita akan menyakiti orang lain. Hal ini perlu selalu kita ingat karena tak seorang pun ingin disakiti dan tersakiti. Menempatkan diri sendiri pada orang lain akan membuat kita sedikit menyadari baik tidaknya yang kita lakukan.

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan โ€œjika tidak ingin dicubit, jangan mencubitโ€. Kita tahu bahwa dicubit itu sakit sehingga tidak ingin ada orang yang melakukan itu pada kita, makanya kita tidak mencubit. Ini adalah sebuah situasi dimana kita menempatkan diri kita pada orang lain. Ini dinamakan empati.

Memandang suatu hal dari mata orang lain membuat kita memiliki pandangan yang berbeda. Jika pernah suatu hari kita merasa marah dan ingin mencelakakan orang lain, menempatkan diri kita pada posisi orang tersebut akan mampu mengurungkan niat kita untuk melakukan yang tidak baik. Hal ini juga berlaku jika kita tidak ingin mengecewakan orang lain, kita pun akan melakukan sesuatu sebaik-baiknya.

Siapa yang tidak ingin dimengerti? Seorang misterius sekalipun akan senang jika ada orang lain yang mengerti dirinya. Adanya sebuah pengertian antara satu orang dengan yang lain akan membuat semuanya menjadi mudah. Orang A tidak ingin mengganggu orang B, lalu orang B tahu kalau orang A membutuhkan bantuan. Akhirnya orang A dan B bersama-sama menyelesaikan masalah.

Kawan,
mengertilah keadaan orang lain sama seperti kita ingin orang lain mengerti keadaan kita. Hubungan saling mengerti ini akan menjadikan sebuah lingkungan yang baik karena tak seorang pun merasa tersakiti.

Sudahkah Anda membiasakan diri berempati pada orang lain?

Iklan

6 thoughts on “Bila Rasaku Ini Rasamu

  1. semua yang terjadi di hidup ini, memang seperti itulah adanya

    Lambertus said:
    Ya saling empati sajalah intinya

  2. Salam, tulisan di atas setidaknya mengingatkan kita sebagai manusia yang kadang tak wajar juga dalam bertindak. cara Berbuat yang terbaik salah satunya dengan selalu mengerti orang2 di sekitar kita ๐Ÿ™‚

    Lambertus said:
    Mencoba untuk memahami perasaan orang lain tidak akan pernah salah.

  3. Hal yang membingungkan adalah ketika seseorang egois dan tidak mau peduli dengan yang dirasakan orang lain. Hal membingungkan lainnya adalah ketika orang yang bersedia melakukan apa saja untuk orang lain tanpa peduli dirinya akan tersakiti.
    Mungkin ini bisa mengingatkan mereka yang biasa melakukan hal membingungkan seperti itu (termasuk saya sendiri). Terima kasih. ๐Ÿ™‚

    Lambertus said:
    Saya juga berpikiran seperti itu ๐Ÿ™‚

  4. Orang yang ikhlas untuk berbuat baik selalu mendapat hal yang baik pula. walau ia tidak berharap balasan kebaikan… ๐Ÿ˜€

    Lambertus said:
    Itulah hebatnya orang ikhlas, perhatiannya kepada orang lain.

  5. Betul mas, kadang banyak juga orang yang egois, sesuka hatinya memperlakukan orang lain. seandainya dia menempatkan dirinya di posisi yang disakiti mungkin dia akan lebih berfikir. Membaca tulisan ini mengingatkan arti pentingnya menghargai orang lain. Terima kasih telah mengingatkan.

    Lambertus said:
    Seandainya semua orang berpikir seperti itu, negeri kita akan lebih aman dan damai

  6. Seperti yang saya pelajari di Fisika, bahwa ada hukum aksi reaksi.. ๐Ÿ™‚

    Berlakulah seperti Anda ingin diperlakukan.

    ๐Ÿ™‚

    Lambertus said:
    Aksi reaksi itu menyentuh hati manusia juga ternyata

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s