Mana yang Ditingkatkan?

Apa yang harus kita lakukan dengan kelebihan dan kelemahan kita? Adalah sebuah pilihan dimana kita bisa memusatkan perhatian. Juga akan lebih baik lagi jika kita bisa memperhatikan keduanya.

Untuk mencitrakan diri sebagai pribadi yang baik di mata orang, tentunya kita harus bisa menunjukkan sisi positif kita. Meskipun tak bisa dipungkiri juga kalau kita memiliki kelemahan, biarlah itu menjadi sebagian kecil di diri kita yang patut untuk dimaklumi.

Sekarang, apa yang bisa kita lakukan pada kelebihan dan kelemahan kita?

Beberapa orang berpendapat bahwa kita bisa menggunakan kelebihan untuk menutupi kelemahan kita. Beberapa orang lainnya juga berpendapat bahwa kita bisa memperbaiki kelemahan yang kita miliki. Mungkin juga bisa menjadi suatu yang ekstrim, kelemahan kita ubah menjadi kelebihan kita.

Tak ada yang salah dengan itu semua. Berbagai macam pendapat tersebut memiliki satu tujuan, yaitu menjadikan diri kita baik di mata orang lain. Tuhan menciptakan kita dengan kelebihan dan kelemahannya sendiri. Tidakkah kita sadar bahwa itu adalah harta kita sesungguhnya. Kelebihan adalah harta yang nampak, mungkin menjadikan kita kuat dan hebat. Sementara itu kelemahan adalah potensi dari harta itu sendiri. Jika kita bekerja keras, maka potensi itu akan menjadi sebuah kelebihan lainnya yang akan memiliki derajat lebih tinggi daripada kelebihan yang kita bawa sejak lahir.

Kawan,
mungkin ini akan membuat kita berpikir kembali. Sesungguhnya adakah kelemahan itu? Kita dilahirkan dengan kelebihan dan potensi kelebihan. Wewenang berada pada kita sendiri untuk memilih menjadikannya atau menetapkannya menjadi sebuah potensi saja.

Anda cenderung memperbaiki kelemahan, mengoptimalkan kelebihan, atau keduanya?

Iklan

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s