[LEBAH] Peran dalam Komunitas

Sedikit mempelajari tentang peran lebah, kita akan menemui tiga jenis lebah dalam sebuah koloni. Ada ratu lebah yang bertugas menjaga kelangsungan koloni (baca: bertelur). Ada lebah pejantan yang bertugas mengawini sang ratu. Ada juga lebah pekerja yang melakukan banyak tugas. Setiap satu koloni biasanya berkisar rata-rata 60 sampai 70 ribu lebah dalam satu sarang. Meskipun padat penghuni, setiap lebah mampu menjalankan perannya masing-masing. Apa yang bisa kita pelajari dari sifat lebah ini?

Dalam hidup berkomunitas, kita bisa mempelajari sifat lebah ini, yaitu menjalankan peran kita masing-masing. Menjadi bagian dari komunitas bukanlah sekadar mendapatkan sesuatu, tapi memberikan sesuatu.

Mengapa kita harus ingat akan peran kita?

Karena kelangsungan sebuah komunitas/organisasi adalah bergantung pada orang-orang yang ada di dalamnya. Adanya pembagian pekerjaan yang jelas serta kesungguhan dalam menjalankan tanggung jawabnya akan membuat organisasi tersebut menjadi media pembelajaran yang baik bagi kita. Dengan bersungguh-sungguh menjalankan peran, maka kita akan mendapatkan sesuatu yang berharga dari yang kita butuhkan, yaitu pengalaman.

Bagaimana caranya agar kita dapat menjalankan peran kita dengan baik?

Kenali hak dan kewajibannya. Sering kali kita melupakan atau malah tidak mengetahui hal-hal yang harus kita lakukan, atau lebih buruk lagi pura-pura tidak tahu. Berikan pengertian bahwa diri kita adalah bagian dari komunitas tersebut sehingga kita akan melakukan sesuatu untuk membuatnya benar-benar menjadi baik.

Lebah pekerja adalah lebah yang memiliki paling banyak tugas, bahkan sejak mereka berusia beberapa hari. Berikan loyalitas kepada komunitas tersebut. Lakukan yang terbaik karena ini bukan untuk kita sendiri.

 : Apa yang bisa Anda pelajari dari LEBAH?
: keteraturan dalam koloni…

3 thoughts on “[LEBAH] Peran dalam Komunitas

  1. hmmm, pernah baca kalau lebah punya suatu tarian sebagai penanda kembali ke sarang mereka.
    mungkin ini bukti kalau lebah senantiasa ingat rumah dengan keindahan. hehe

    Lambertus said:
    Mengapa mas sulung nggak ikut berpartisipasi aja di IDEA SUPPORT? Saya tunggu.

    • waaah, idea support itu apa ya mas? saya g paham😀

      Lambertus said:
      Kalau mas Sulung buka lewat komputer, akan tahu ada menu bernama IDEA SUPPORT di sebelah kiri. Nah, setelah masuk, mas Sulung bisa pilih topik yang sedang aktif sekarang, yaitu LEBAH. Nah, LEBAH ini adalah topik usulan pembaca terdahulu. Saya sendiri kurang mengenal, tapi dengan bantuan pembaca semua, kita bisa belajar sama-sama dari lebah tersebut. Mas Sulung bisa memasukkan hal-hal baik tentang lebah yang bisa kita pelajari di situ. By the way, maaf kalau penjelasannya membingungkan.🙂

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s