Riddikulus!

Setiap orang memiliki ketakutan. Sudah pasti ini bukanlah hal yang menyenangkan untuk dihadapi. Rasa ketakutan membuat kita menjadi kecil, bergidik, merinding, dan lari menjauh. Rasa takut adalah salah satu bentuk ujian yang harus bisa kita lewati.

Mantra Riddikulus di serial Harry Potter yang ketiga mencuri perhatian kita. Mantra ini mengubah hal-hal yang kita takuti menjadi sesuatu yang lucu dan tentunya tidak menakutkan lagi. Syarat mantra ini sederhana, yaitu kita harus mau menghadapi rasa takut itu sendiri.

Tidakkah terbesit di pikiran kita untuk menggunakan mantra Riddikulus ini di kehidupan kita?

Ya, mantra memang tidak sepenuhnya benar ada bagi keseharian kita yang biasa-biasa saja. Namun, mungkin kita bisa menciptakan semangat mantra itu sendiri. Semangat untuk menghadapi ketakutan yang selalu membuat kita berhenti. Semangat untuk memangkas semak berduri yang memisahkan diri kita dengan masa depan yang lebih baik.

Modal utama untuk mengalahkan rasa takut adalah menghadapinya. Begitu kita melangkah mundur dan lari, kita kalah. Sering kali rasa takut yang muncul itu berasal dari persepsi kita sendiri, yang belum seutuhnya benar. Inilah semangat itu. Buktikan kalau persepsi ketakutan kita itu salah dan semua akan baik-baik saja.

Kawan,
jika rasa takut menghalangimu mencapai tujuan, maka mulailah belajar untuk menghadapinya. Terus merasa takut tidak akan menyelamatkanmu dari ketakutan-ketakutan selanjutnya. Oleh karena itu, beranilah, hanya itu mantranya.

Anda punya sesuatu yang ditakuti? Bagaimana menghadapinya?

Iklan

4 thoughts on “Riddikulus!

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s