[AIR] Jernih Pada Awalnya

Jika kita menelusuri keberadaan air dari hulunya, kita akan mendapati air yang bersih dan jernih di mata airnya. Begitu jernihnya air ini sehingga bisa langsung diminum. Sayangnya jernih ini tidak bertahan seiring mengalirnya air ke hilir. Apa yang bisa kita pelajari dari hal ini?

Hal ini mengingatkan kita akan diri kita sendiri, manusia. Pada awalnya manusia diciptakan sebagai makhluk yang bersih dari dosa. Seiring dengan perjalanan hidupnya, manusia akan menemui banyak hal, entah yang baik maupun yang buruk. Dalam hal ini lingkungan memberikan andil besar pada kualitas kebersihan diri kita. Namun, yang harus kita sadari adalah semua manusia itu bersih pada awalnya.

Mengapa kita harus menyadari hal ini?

Agar kita ingat bahwa sesungguhnya semua manusia itu diciptakan sebagai seorang yang baik, termasuk orang yang menurut kita buruk kelakuannya dan banyak dosa. Dia itu sama seperti kita, sehingga kita tidak bisa menghakimi dirinya sebagai sesuatu yang benar-benar buruk. Lagipula kita tidak tahu apa saja yang telah dilaluinya. Sekali lagi, lingkunganlah yang menjadikannya menjadi seseorang yang kita kenal saat ini. Sama seperti kita, lingkungan yang menjadikan kita seperti ini.

Bagaimana kita menjadi pribadi yang bersih?

Bagaimanapun juga kita adalah manusia, tempat salah dan lupa. Tidak ada manusia yang seratus persen bersih. Meskipun begitu, kita bisa menjaga diri kita dengan tidak menjadikan diri kita semakin keruh. Karena lingkungan yang membentuk kita, maka lingkungan pula yang harus kita jaga. Memang ada kemungkinan kita akan tetap bertahan bersih meskipun di dalam lingkungan yang kotor. Namun, itu membutuhkan usaha yang lebih keras.

Sekali lagi, ingatlah, pada awalnya air itu bersih, menyejukkan, memberikan kehidupan. Usaha yang perlu kita lakukan adalah menjaganya untuk tetap bersih atau menjadikannya bersih kembali. Hal ini bertujuan agar menjadikannya berguna bagi kehidupan.

: Apa yang bisa Anda pelajari dari AIR?
: menyejukan, jernih, jangan dicemari karena aslinya suci

Iklan

2 thoughts on “[AIR] Jernih Pada Awalnya

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s