Teruskanlah

Bersabar dan bertahan, mungkin itu adalah kata yang tepat diberikan kepada orang yang sedang menghadapi cobaan. Dalam hubungan antar manusia, terkadang akan ada perselisihan yang tidak menyenangkan. Jika itu terjadi pada Anda, maka bersabarlah.

Tak selamanya kita bisa hidup dalam sebuah ketenangan. Ada kalanya kita akan menghadapi hambatan juga tantangan, yang mengharuskan kita untuk mengelus dada. Setiap orang memiliki kebutuhan. Dan dalam proses pemenuhan kebutuhan tersebut, kita harus bergerak, tak jarang juga harus mengalami perselisihan dengan orang lain.

Salah satu perselisihan yang mungkin terjadi adalah tentang siapa yang salah. Meskipun bukan sesuatu yang penting untuk mencari kesalahan orang lain, hal itu masih terjadi hingga saat ini. Untuk sesuatu yang tidak benar, orang sering mencari siapa yang harus bertanggung jawab. Dan apabila kita yang ditunjuk akan hal itu, maka bersabarlah.

Menjadi tersangka, atau justru tertuduh akan sebuah kesalahan yang terjadi. Seseorang memaksakan diri kita untuk berada di posisi tersebut, padahal bukan, memang sangatlah tidak menyenangkan. Apa yang harus kita lakukan?

Beberapa orang akan memilih untuk diam karena ingin menghindari perselisisihan. Orang semacam ini biasanya tahu kalau perasaan tidak menyenangkan ini akan menghilang seiring berjalannya waktu. Hal ini benar, tapi mungkin tidak baik untuk beberapa kasus yang memiliki indikasi akan berlarut-larut.

Sesungguhnya cara terbaik adalah mengkomunikasikan hal ini dan menyikapi semuanya dengan kepala dingin. Sabar dan tetap mengendalikan emosi yang meluap-luap. Karena memang sesungguhnya ada kemungkinan kita ikut ambil alih pada kesalahan yang terjadi. Jadi mengkomunikasikan hal ini dan mencari penyelesaian adalah cara untuk meredam ketidaknyamanan yang terbaik.

Kawan,
menjadi galau pada permasalahan hidup bukanlah pilihan karena kita tidak pernah berusaha untuk memperbaikinya. Tetaplah fokus pada aktivitas sehari-hari sambil menyelesaikan masalah yang menghimpit dari berbagai arah. Niscaya, kita tetap dapat menjadikan hari-hari kita sebagai hari yang indah.

Pernahkah Anda disalahkan oleh orang lain?

Iklan

3 comments

  1. that’s totally right.
    komunikasi dengan kepala dingin itu memang harus, karena emosi bisa buat apa yang dimaksud jadi berantakan..

    nice post ๐Ÿ™‚

    *blogwalking karena baru di WP.. ๐Ÿ˜€
    bole mampir2 , klo suguhin teh aja ada kok hihihi ^^

    Lambertus said:
    Tak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan komunikasi.

    Selamat datang juga di WP. Oke. Ntar saya datang ke sana bawa oleh2.

  2. hmm, setiap orang pasti pernah disalahkan oleh orang lain.
    Tapi, jangan sampai kita drop gara2 hal itu. ๐Ÿ˜‰

    Lambertus said:
    Benar sekali. Setuju. Kalau drop, kita hanya akan membuktikan kepada mereka kalau kita adalah orang yang pantas untuk terus disalahkan. Padahal kita tidak serendah itu.

  3. Saya manggut2 baca ini. ๐Ÿ˜ฅ

    Saya pernah dong, disalahkan orang lain. Terjadi saat saya berada di suatu tim. Dan saya memilih diam karena memang saya yg salah. Tapi kalo saya gak salah dan disalahkan, saya bisa jadi bawel. ๐Ÿ˜ก

    Ngomong2, saya suka foto di atas dan balon katanya. ๐Ÿ˜†

    Lambertus said:
    Dan yang pasti, sekarang nggak akan ada yang menyalahkan Asop untuk comment di sini ๐Ÿ˜€

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s