Setegar Batu Karang, Seluwes Air

Kita sudah biasa mempelajari batu karang sebagai simbol pribadi yang tegar, dimana ombak adalah gambaran dari cobaan. Tapi seburuk itukah ombak (air)? Kita juga bisa belajar dari air yang begitu mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kita bisa menjadi keduanya.

Berbicara mengenai seni bertahan dalam kehidupan ini, kita selalu bisa mempelajarinya dari alam sekitar kita. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengenal dua pribadi yang berbeda, yaitu karang dan air.

Karang biasa kita kenal sebagai suatu wujud yang keras dan kokoh. Dengan adanya penyertaan ombak yang menghantamnya, karakter karang ini menjadi lebih dramatis, yaitu sebagai sesuatu yang begitu kuatnya menghadapi serangan ombak yang tak kenal henti ini. Dari contoh karang, kita bisa mendapatkan pelajaran akan arti ketidak-putus-asaan. Cobaan boleh terus datang, dan pasti akan terus datang. Tapi pribadi yang sekokoh batu karang akan tetap berdiri tegar.

Sementara itu, air yang kita kenal sebagai sumber kehidupan adalah sebuah zat yang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan bentuknya dengan wadah yang ditempatinya. Air juga tidak sekaku benda padat, juga tidak seringan gas. Hal inilah yang memungkinkan air mengalir dari sumber hingga muara. Dari contoh air, kita bisa mempelajari arti penyesuaian diri. Kita mengikuti lingkungan, tapi tanpa kehilangan jati diri. Dengan kemampuan menyesuaikan diri inilah, kita tetap bisa terus maju bersama lingkungan kita.

Kawan,
Apalah arti bertahan hidup jika kita terhalang oleh ke-aku-an kita. Apalah pula arti perjuangan jika semakin lama kita semakin tertindas oleh beban pikiran sendiri. Jika kita sedang menghadapi cobaan, kita bisa menjadi karang dan air secara bersamaan. Tetap berdiri ketika hidup terasa berat, juga tetap mengalir ketika hidup terasa berliku.

Sudahkah Anda menjadi karang dan air ini?

Iklan

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s