Mengucapkan Terima Kasih Sambil Kayang?!

Bagi sebagian besar orang, mengucapkan terima kasih adalah perkara yang mudah. Seseorang yang sejak kecil dididik oleh orang tuanya untuk berterima kasih, mungkin menjadikan ucapan itu sebagai sesuatu yang otomatis keluar setiap ada yang menolongnya. Tapi bagaimana cara berterima kasih yang benar?

Ucapan terima kasih hanyalah sekedar ucapan. “Terima kasih!” Lalu pergi.

Ucapan saja sudah berarti besar bagi seseorang. Terima kasih adalah sebuah ucapan yang memiliki kekuatan tersendiri. Memberikan kekuatan, mempererat hubungan rekan, saling percaya, image positif, dan berbagai hal baik lainnya.

Pernahkah terpikirkan bagaimanakah ucapan terima kasih yang benar?

Sesungguhnya, tak ada acuan khusus bagaimana Anda harus mengucapkan terima kasih. Jika memang itu hal yang baik, mengucapkan terima kasih sambil kayang pun boleh-boleh saja. Unsur penting dari sebuah ucapan terima kasih adalah ketulusan yang ada di dalamnya. Seberapa besar ketulusan di dalamnya menandakan seberapa berartinya bantuan dari orang lain untuk Anda. Itu juga berarti seberapa besar Anda menghargai bantuan tersebut.

Ingatkah Anda bahwa bahasa tubuh memberikan efek lebih besar daripada kata-kata?

Marilah kita coba untuk menggunakan bahasa tubuh untuk berterima kasih. Jika selama ini ucapan terima kasih hanya keluar dari mulut Anda, sekarang kita coba untuk mengucapkan terima kasih dengan sepenuh hati dan jiwa raga Anda. Mungkin terdengar berlebihan. Tapi tahukah Anda bahwa bahasa tubuh akan memberikan kesan mendalam pada ucapan terima kasih Anda? Menunjukkan kalau Anda sungguh-sungguh.

Berikan pula waktu khusus untuk berterima kasih kepada saudara atau rekanan Anda, karena selama ini ucapan terima kasih selalu singkat dan cepat berlalu. Pergunakan sebuah kalimat yang panjang untuk berterima kasih. Jika selama ini hanya “Terima kasih, ya!” maka ubahlah menjadi “Terima kasih banyak atas bantuannya, ya!”

Buatlah ucapan terima kasih Anda sesuatu yang spesial. Tidak harus dengan mendesain makan malam. Tidak harus memberikan hadiah. Cukup ucapkan terima kasih Anda tanpa melakukan aktivitas lainnya. Anda bisa menciptakan suasana tidak sibuk Anda sendiri selama beberapa detik, khusus untuk mengucapkan terima kasih. Pada saat itu, pastikan juga dia memperhatikan dan benar-benar menerima ucapan terima kasih Anda.

Kontak mata juga bisa menjadi jembatan yang menghubungkan perasaan Anda dengan orang yang akan Anda berikan terima kasih. Tatap matanya saat mengucapkan terima kasih.

Kawan,
Hubungan akan terasa lebih indah ketika setiap orang saling menghargai dan mengucapkan terima kasih, terlebih lagi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kita bisa mulai hal itu dari sekarang, terutama untuk orang-orang yang sangat berjasa dalam kehidupan Anda.

Bagaimana cara Anda berterima kasih selama ini?

Iklan

3 comments

  1. kalo aku suka ngucapin terimakasih sambil tersenyum dan bersemangat, untuk menunjukkan kalo saya benar-benar berterimakasih pada seseorang πŸ™‚

    Lambertus said:
    Bisa saya bayangkan kok Nila. Iya, kamu memang seperti itu orangnya. Penuh semangat. Terima kasih πŸ™‚ #melakukanhalyangsama

Tinggalkan komentar di sini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s